top of page
  • Writer's pictureCultourian ID

Si Tutug Oncom dan Tasikmalaya

Updated: Mar 31, 2021


Tutug Oncom? Tasikmalaya? Ada hubungan apa si antara tutug oncom dan kota Tasikmalaya?. Ternyata tutug oncom itu makanan khas dari Tasikmalaya. Dimana semua orang yang datang ke Tasikmalaya pasti memburu kuliner si tutug oncom ini, tak hanya di Tasikmalaya sekarang menu nasi tutug oncom banyak di temui di rumah makan Sunda. Tutug oncom berarti oncom yang di tumbuk, karena tutug berarti tumbuk dalam bahasa Sunda.

Sedikit sejarah dari tutug oncom. Tepatnya sekitar tahun 1940an nasi tutug oncom sudah menjadi menu sarapan. Dimana tutug oncom dibuat ketika masyarakat kalangan bawah tidak mempunyai cukup uang untuk memebeli lauk makan nasi yang enak, sehingga mereka membuat tutug oncom sebagai pengganti. Karena harga oncom yang murah, di buatlah tutug oncom yang dicampur dengan bumbu dapur yang ada sehingga tercipta nasi tutug oncom yang digemari banyak orang sekarang.


Di Tasikmalaya, mulai dari warung-warung pinggiran sampai restoran pasti menyediakan tutug oncom. Biasanya kebanyakan tutug oncom di Tasikmalaya di hidangkan denga cipe yaitu gorengan tempe mendoan dan ditambah lalapan beserta sambal goang. Hanya dengan cipe dan sambal goang saja nasi tutug oncom bisa dinikmati dan terasa lezat sekali. Ada juga versi tutug oncom dengan paketan komplit seperti ada ayam goreng, ikan asin, gorengan, karedok, dan sambal.


Resep tutug oncom itu sangat mudah untuk dibuat di rumah. Kita hanya perlu menyiapkan bahan dapur seperti bawang merah, bawang putih, garam, penyedap rasa, tak lupa dengan oncomnya. Kita cukup mengulek bumbu dapur terlebih dahulu. Kemudian kita bisa membakar oncom sebentar lalu dihancurkan dengan ulekan. Bumbu dapur yang sudah di ulek bisa kita oseng dengan minyak, kemudian masukan oncomnya, jangan lupa diberi bumbu sesuai selera. Maka tutug oncom siap dicampur dengan nasi panas kemudia bisa dihidangkan. Jangan lupa beri lauk makan dan sambal agar lebih lezat.

7 views0 comments

Comentarios


bottom of page