top of page
  • Writer's pictureCultourian ID

Rahasia Menjadi Kuliner Terkenal, Inilah Resep Pempek Khas Palembang

Updated: Mar 31, 2021


sumber gambar: https://www.resepkuerenyah.com/resep-pempek-adaan-asli-pelembang/
Sajian Pempek

Hallo sobat Cultour! Indonesia terkenal dengan ragam budaya dan adatnya. Selain itu, kuliner di Indonesia gak kalah terkenal juga dan bahkan sudah dikenal di negara – negara asing. Bila kita mendengar Kota Palembang, dengan spontannya kita bakal langsung ingat sama makanan khas-nya yaitu apalagi kalau bukan Pempek Palembang yang sangat gurih dicampur dengan kuah. Ya, Palembang memiliki khas makanan berbagai macam dan salah satunya yaitu Pempek.


Berbicara tentang makanan khas Pempek, Pempek ini merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan dan tepung kanji. Pempek sendiri memiliki beberapa bentuk, jenis dan rasa loh sobat cultour, seperti Pempek Kapal Selam yang menyerupai kapal yang sangat unik hingga Pempek Adaan yang berbentuk bulat kecil. Nah Pempek Adaan sendiri memiliki arti yaitu istimewa, meskipun bentuknya bulat kecil namun Pempek Adaan ini sangat istimewa dengan rasa yang enak.


Setelah ngomongin jenis – jenis Pempek, pernah gasih sobat cultour kepikiran untuk buat langsung Pempek khas Palembang di rumah? Cara buatnya amatlah mudah dan gampang banget loh! Nah berikut coulturian.com sudah rangkumkan resep cara membuat Pempek Adaan mulai dari bahan – bahannya hingga cara membuatnya yang khusus untuk sobat cultour.


Bahan Bahan Pempek Adaan khas Palembang:

500 gr Ikan giling (tenggiri/gabus/kakap) 350 ml Santan yang sudah di dinginkan 250 gr Tepung sagu 1 butir Telur ayam 50 gr Bawang merah, iris halus 1,5 sdm Garam halus 1/2 sdt Merica bubuk 2 sdm Bawang goring, dan Minyak sayur untuk menggoreng secukupnya.

Setelah menyiapkan bahan – bahannya yang diperlukan untuk membuat Pempek Adaan khas Palembang, sobat cultour bisa langsung membuat ya! Caranya sebagai berikut:

· Pertama, Campurkan ikan giling dan santan dingin. Aduk hingga tercampur rata menggunakan tangan.

· Masukkan telur, garam, dan merica. Aduk hingga merata.

· Lalu, Tambahkan sagu, bawang merah iris, dan bawang goring yang sudah disiapkan. Aduk kembali hingga tercampur rata.

· Kemudian, Bentuk adonan Pempek menjadi bulatan. Bisa menggunakan scoop ice cream atau bisa juga dengan tehnik membuat bakso yaitu ambil adonan menggunakan tangan lalu remas hingga adonan keluar diantara ibu jari dan telunjuk membentuk bulatan lalu ambil menggunakan sendok

· Terakhir, Goreng dalam minyak panas dan banyak dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan kuah cuko.


Nah, sobat cultour gimana? Gampang banget kan untuk membuat Pempek khas Palembang di rumah? jangan lupa tetap lestarikan kuliner Indonesia, Ya!



6 views0 comments

Comments


bottom of page