top of page
  • Writer's pictureCultourian ID

Sate Klopo Makanan Khas Surabaya yang Melegenda


Hi Sobat Cultour !! kembali lagi nih kit bahas makanan khas Nusantara. Tanpa disadari makanan khas Nusantara ternayata banyak sekali jenis nya, dan tak lupa semuanya sudah pasti lezat. Makanan Nusantara yang akan di bahas kali ini adalah makanan khas daerah arek-arek Suroboyo. Ya, Sate Klopo yang wajib di coba jika berkunjung ke Surabaya.


Sebenarnya apa sih Sate Klopo itu? Sate Klopo adalah sate daging yang diberi taburan kelapa parut. Klopo adalah bahasa jawa dari kelapa, maka dari itu Sate Klopo adalah sate kelapa. Sate Klopo bisa menggunakan daging sapi ataupun daging ayam. Biasanya daging yang sudah ditusuk diberi bumbu-bumbu yang dicampur parutan kelapa. Sehingga orang yang memakan Sate Klopo ini akan merasakan sensasi daging yang smoky ditambah tekstur dari parutan kelapa yang sedikit renyah. Tak lupa aroma smoky daging dan parutan kelapa yang dibakar di atas arang bisa mengundang rasa lapar siapa saja yang mencium nya.


Sate Klopo ini bisa dibilang salah satu makanan Nusantara yang melegenda. Sedikit sejarah tentang Sate Klopo ini, sejak tahun 1945. Sate Klopo yang melegenda di Surabaya ini, pertama kali dibuat oleh Ibu Asih. Sehingga warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, menjadi salah satu warung sate legenda yang harus di kunjungi jika kita ke Surabaya. Bu Asih mengatakan, pada awal ia membuka warung Sate Klopo ini, dia mendapatkan resep sate madura dari mertuanya langsung tetapi ia menambahkan kelapa parut ke dalam bumbu sate itu sehingga ste itu dinamakan Sate Klopo.



Sate Klopo Ondomohen Bu Asih ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam. Kalian bisa mendatangi Sate Klopo Ondomohen Bu Asih di Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272. Tak lupa jika kalian mengunjungi warung sate ini, kalian harus sabar mengantri karena banyak sekali orang yang ingin makan Sate Klopo legenda ini. Bahkan di sana banyak poto artis yang di pajang karena telah mersakan Sate Klopo yang lezat ini. Jika kalian datang ke Sate Klopo Ondomohen Bu Asih, kalian hanya perlu menyiapkan uang dibawah Rp 50.000,- per orangnya dengan itu kalian sudah bisa menikmati Sate Klopo dengan bumbu kacang Bu Asih yang mantul rek.


Selain warung Sate Klopo Bu Asih yang melegenda. Masih banyak warung-warung atau tempat makan yang enak, murah, tentunya hits di Surabaya. Berikut informasi 5 rekomendasi tempat makan murah dan hitz di surabaya


Nama : Zihan Nafisya

NPM : 210104180152


Comments


bottom of page