top of page
  • Writer's pictureCultourian ID

Tari Adat Tradisional Jawa Barat

Updated: Mar 31, 2021


Halo Sobat Cultour ! Kalian harus tau nih tarian adat tradisional Jawa Barat yang dijaga serta dilestarikan hingga saat ini !


Tari adat tradisional Jawa Barat merupakan provinsi yang menyimpan kekayaan dari segi pariwisata, budaya, dan seni loh. Kesenian merupakan salah satu kekayaan yang identik serta beragam tariannya yang hingga saat ini tetap dilestarikan, selain itu tari adat bukan hanya menjadi hiburan semata tetapi dapat menjadi media untuk memperkenalkan budaya Indonesia hingga ke luar negeri. Berikut tarian adat tradisional yang harus kalian ketahui nih!

  1. Tari Topeng

Tari adat ini berasal dari Cirebon, ciri khas dari tarian tersebut mengenakan topeng saat menari serta memiliki 5 topeng utama yang disebut dengan Topeng Panca Wanda yaitu topeng panji, topeng samba, topeng rumyang, topeng patih, dan topeng kelana. Dari tarian ini kalian akan mendapatkan pesan-pesan dalam kehidupan.


2. Tari Jaipong

Tari adat ini berasal dari karawang, yang memiliki ciri khas yang terletak pada sanggul dengan hiasan bunga beserta selendang yang hanya dikalungkan di leher oleh penari. Dengan tempo musik cepat dan tegas, sehingga penari terlihat begitu lincah yang memiliki makna bahwa perempuan Sunda yang energik dan tidak pantang menyerah serta tari ini menonjolkan pada lekuk tubuh dan paras cantik sang penari yang memiliki makna bahwa dibalik keanggunan dan kelembutan seorang wanita ada keinginan menjadi diri sendiri tanpa terbatas sudut pandang orang lain.


3. Tari Ketuk Tilu

Tarian Adat Tradisional yang berasal dari Jawa Barat dengan foto yang diambil dari @Byntfh
Tari Ketuk Tilu

Tari adat ini berasal dari Jawa Barat yang dapat di artikan menjadi 3 buah ketuk sebagai pengiring utama, yaitu rebab. Pada awalnya tarian ini sebagai tarian sakral yang digunakan dalam upacara spiritual untuk penyambutan panan padi, tetapi seiring berjalannya waktu tarian ini menjadi sebuah seni tari pertunjukan yang menarik.


4. Tari Merak

Tari adat ini berasal dari Jawa Barat yang terinspirasi oleh burung merak yang menceritakan kehidupan burung jantan yang memikat burung merak betina. Tari ini biasanya dibawakan pada saat acara pernikahan loh, untuk menyambut pengantin pria selain itu sebagai hiburan para tamu.


5. Tari Wayang

Tari adat ini berasal dari Jawa Barat yang mulai berkembang pada masa kesultanan Cirebon pada abad ke-16. Tarian ini diiringi dengan musik gamelan salendro dengan setiap tari wayang yang memiliki ciri khas kostum tersendiri yang setiap penari pria maupun wanita, memiliki karakter untuk setiap tokohnya.


Nah, kalian udah pada tahu kan sekarang kesenian tari tradisional Jawa Barat yang sampai saat ini dilestarikan.



13 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page