top of page
  • Writer's pictureCultourian ID

Mengenal Pakaian Adat Tradisional Indonesia

Updated: Apr 7, 2021

Hai Sobat Cultour! Kalian harus mengetahui pakaian Adat Tradisional Indonesia, karena Indonesia merupakan negeri yang memiliki keberagaman budaya mulai dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman tersebut meliputi suku bangsa, bahasa, adat istiadat, dan salah satunya adalah pakaian adat tradisional.

Dalam buku Mengenal Seni dan Budaya 34 Provinsi di Indonesia (2015) oleh R. Rizky dan Wibisono, pakaian dapat memiliki model, warna, hiasan serta motif unik yang mencirikan khas pakaian adat di setiap daerahnya.

Yuk sobat Cultour mengenali indahnya pakaian adat dari 34 Provinsi di Indonesia.


1. Aceh

Pakaian adat Aceh disebut dengan Ulee Balang. Pakaian adat ini memiliki sebutan nama pakaian adat, untuk pria disebut dengan Linto Baro sedangkan untuk wanita disebut dengan Daro Baro.


2. Sumatera Utara

Pakaian adat Sumatera Utara disebut dengan Ulos. Pakaian Adat ini dibuat dengan kain ulos dengan berbahan sutra dengan proses ditenun. Ulos yang menjadi ciri khas bagi masyarakat Sumatera Utara sudah ada sejak lama dan secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak.


3. Sumatera Barat

Pakaian adat Sumatera Barat disebut dengan Bundo Kanduang. Bundo Kanduang merupakan pakaian adat Minangkabau yang umumnya dikenakan oleh perempuan yang telah menikah. Pakaian tersebut memiliki makna bahwa pentingnya peran sorang Ibu dalam sebuah keluarga.


4. Riau

Pakaian adat Riau disebut dengan Teluk Belanga merupakan pakaian adat untuk pria sedangkan nama pakaian adat wanita disebut dengan Kebaya Labuh. Kedua pakaian adat tersebut merupakan warisan kebudayaan yang sering dikenakan pada saat upacara adat atau pernikahan.


5. Kepualauan Riau

Pakaian adat Kepulauan Riau disebut dengan Belanga. Memang memiliki kemiripan dengan Provinsi Riau.


6. Jambi

Pakaian adat Jambi disebut dengan Baju Kurung Tanggung karena baju ini memiliki lengan yang tanggung, dengan panjang lebih dari siku tetapi tidak sampai pergelangan tangan, teknik pembuatannya dengan ditenun dan bordir dengan kain beludru untuk pria maupun wanita.


7. Sumatera Selatan

Pakaian adat Sumatera Selatan disebut dengan Aesan Gede. Pakaian adat yang berasal dari Palembang. Aesan Gede merupakan pakaian yang melambangkan kebesaran. Pakaian adat ini adalah salah satu jenis kain songket yang dulu dipergunakan oleh para kaum bangsawan.


8. Bangka Belitung

Pakaian adat Bangka Belitung disebut dengan Paksian yang merupakan busana pengantin yang khas dari Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung. Biasanya pengantin wanita menggunakan baju kurung yang berwarna merah dengan bahan kain sementara untuk mempelai pria menggunakan sorban.


9. Lampung

Pakaian adat Provinsi Lampung disebut dengan Tulang Bawang. Pakaian ini menjadi salah satu peninggalan budaya nasional. Pakaian adat ini dapat digunakan saat berpesta pernikahan maupun sebagai busana tari untuk simbol penghormatan budaya asli.


10. Bengkulu

Pakaian adat daerah Bengkulu disebut dengan Rejang Lebong yang biasanya digunakan untuk busana pengantin dalam pernikahan, maupun sebagai busana tari tradisional untuk festival serta penyambutan acara khusus.


11. DKI Jakarta

Pakaian adat DKI Jakarta disebut dengan Sadariah yang merupakan salah satu pakaian adat masyarakat Betawi yang biasanya dikenakan oleh pria sedangkan pakaian adat yang dikenakan oleh wanita disebut dengan baju Kurung.

12. Banten

Pakaian adat Banten disebut dengan Pangsi. Pakaian adat ini menjadi salah satu pakaian masyarakat Banten untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Selain itu, pakaian adat ini biasanya dikenakan sebagai busana latihan silat tradisional di Banten. Pangsi merupakan sebuah singkatan atau akronim frase yang dapat disebut dengan Pangeusi Numpang ka Sisi yang memiliki arti pakaian yang menutupi badan.


13. Jawa Barat

Pakaian adat Jawa Barat disebut dengan Bedahan yang digunakan oleh kaum menegah seperti pedagang atau saudagar. Para wanita biasanya mengenakan bedahan merah, ikat pinggang, alas kaki selop, kalung, anting, cincin beserta gelang yang terbuat dari emas ataupun perak.


14. Jawa Tengah

Pakaian adat Jawa Tengah disebut dengan Kebaya yang dikenal sebagai pakaian adat Jawa secara keseluruhan. Pakaian adat ini memiliki motif dan corak yang berbeda serta bahan dasar yang nyaman dikenakan, pada umumnya kebaya ini terbuat dari beludru, sutra, katun, dan nilon.


15. DI Yogyakarta

Pakaian adat Daerah Istimewa Yogyakarta disebut dengan Baju Kurung Tanggung. Pakaian adat ini dapat dikenakan untuk pakaian sehari-hari yaitu untuk dirumah, tempat kerja, berpergian maupun untuk upacara adat. Pakaian adat untuk pria dinamakan sebagai Kencong sedangkan wanita disebut dengan busana Sabukwala.


16. Jawa Timur

Pakaian adat Jawa Timur disebut dengan Pesa'an merupakan pakaian khas Madura yang menjadi simbol utama yang menjadi wakil budaya adat Jawa Timur di Nusantara. Baju ini dikenakan untuk acara-acara penting masyarakat Madura seperti upacara pernikahan maupun acara penting lainnya.


17. Bali

Pakaian adat khas Bali yang disebut dengan Payas Agung yang pastinya selalu menarik perhatian para masyarakat Bali maupun wisatawan lokal sampai wisatawan mancanegara yang memiliki kesan etnis, mewah serta spesial oleh karena itu pakaian ini tidak ditujukan untuk beragam aktivitas.


18. Nusa Tenggara Barat

Pakaian adat suku Nusa Tenggara Barat disebut dengan Rimpu yang dikenakan oleh suku Bima. Bentuk Rimpu sama dengan bentuk mukena, yaitu satu bagian menutupi kepala hingga perut dan satu bagian lainnya menutupi perut hingga kaki. Dari bentuk Rimpu ini membuktikan bahwa pengaruh kebudayaan Islam di masyarakat suku Bima sangatlah kuat.


19. Nusa Tenggara Timur

Pakaian adat Nusa Tenggara Timur disebut dengan Rote. Pakaian adat ini terdiri dari sarung dengan bahan katun berwarna dasar hitam dan bermotif bunga geometris disertai dengan selendang berwarna dasar cokelat dengan motif bunga pada ujung pinggirnya terdapat rumbai-rumbai. Untuk pria mengenakan selimut atau selendang termasuk topi yang disebut dengan Ti'i Langga yang terbuat dari daun lontar yang dianyam sangat indah.


20. Kalimantan Barat

Pakaian adat Kalimantan Barat untuk pria disebut dengan King Baba sedangkan untuk wanita disebut dengan King Bibinge. Pakaian adat ini dikenakan oleh suku dayak. Pakaian adat ini menggunakan kain yang khas yang terbuat dari kayu kapuo serta dihiasi dengan manik-manik berwarna jingga dan merah.


21. Kalimantan Tengah

Pakaian adat Kalimantan Tengah disebut dengan Upak Nyamu. Pakaian adat ini dikenakan oleh masyarakat Suku Dayak Ngaju. Pakaian adat Sangkarut ini dikenal juga sebagai Baju Basulau yang merupakan rompi yang dilapisi oleh sulau atau disebut dengan kerang.


22. Kalimantan Timur

Pakaian adat Kalimantan Timur disebut dengan Kustin. Pakaian ini merupakan pakaian khas masyarakat Suku Kutai yang dikenakan oleh golongan menengah ke atas sebagai pakaian resmi upacara pada masa Kerajaan Kutai Kertanegara.


23. Kalimantan Utara

Pakaian adat Kalimantan Utara disebut dengan Ta'a dan Sapei Sapaq. Pakaian adat ini dikenakan oleh Suku Dayak Kenyak. Pakaian adat untuk wanita disebut dengan Ta'a sedangkan untuk pria disebut dengan Sapei Sapaq.


24. Kalimantan Selatan

Pakaian adat Kalimantan Selatan disebut dengan Babaju Kun Galung Pacinan, pakaian ini hampir mirip dengan pakaian adat betawi, pakaian adat ini mulai diperkenalkan pada abad ke-19.


25. Sulawesi Barat

Pakaian adat Sulawesi Barat disebut dengan Pattuqduq Towaine. Berdasarkan buku Mempertahankan Tradisi di Tengah Krisis moralitas (2020) oleh Muhammad Qadaruddin, pakaian ini merupakan pakaian tradisional Suku Mandar. Pakaian ini mencerminkan busana yang digunakan oleh perempuan Mandar pada umumnya.


26. Sulawesi Utara

Pakaian adat Sulawesi Utara disebut dengan Laku Tepu yang berasal dari Suku Sangihe Talaud. Pakaian adat ini biasanya dipakai saat upacara adat Tulude yang merupakan warisan nenek moyang yang dilaksanakan turun-temuru. Bentuk pakaian adat tersebut adalah pakaian panjang dengan warna-warna yang dominan, seperti merah.


27. Sulawesi Tengah

Pakaian adat Sulawesi Tengah disebut dengan Nggebe. Nggebe merupakan pakaian khas kaum perempuan dari suku Kaili. Pakaian ini dipakai pada acara adat dan acara khusus suku Kaili. Bentuk baju ini berkerah bulat dengan ukuran baju yang longgar dengan terusan hingga ke pinggang dan lengannya tidak terlalu panjang.


28. Sulawesi Selatan

Pakaian adat Sulawesi Selatan disebut dengan Bodo. Pakaian adat suku Bugis serta Makassar. Pakaian adat ini dikenal sebagai salah satu busana tertua di dunia, Bodo adalah baju adat bagi perempuan yang dikenakan sebagai pakaian kebesaran setiap upacara.


29. Sulawesi Tenggara

Pakaian adat Sulawesi Tenggara disebut dengan Babu Nggawi yang diperuntukkan bagi kaum wanita. Pakaian ini terdiri dari dua komponen utama yaitu Lipa Hinoru sebagai atasan blus sedangkan Roo Mendaa sebagai bawahan berupa rok panjang dengan warna senada.


30. Gorontalo

Pakaian adat Gorontalo disebut dengan Biliu dan Makuta. Pakaian adat Biliu dikenakan oleh perempuan, sedangkan Makuta kenakan oleh laki-laki. Pakaian Biliu terdiri dari hiasan kepala, baju kurung, kalung bersusun, sarung dan ikat pinggang.


31. Maluku

Pakaian adat Maluku disebut dengan Cele. Pakaian adat ini didominasi oleh warna merah dan putih dengan motif yang mnejadi khas yaitu garis-garis geometris dan pakaian adat ini digunakan pada saat upacar adat.


32. Maluku Utara

Pakaian adat Maluku Utara disebut dengan Manteren Lamo. Pakaian adat ini dikenakan oleh para Sultan, sedangkan Kimun Gia adalah pakaian khas yang dikenakan oleh permaisuri Sultan. Kimun Gia berbahan satin dan bawahan kain songket.


33. Papua Barat

Pakaian adat Papua Barat disebut dengan Ewer. Pakaian adat ini terbuat dari bahan alami yaitu jerami yang dikeringkan. Dengan kemajuan dan pengaruh modernisasi, pakaian adat ini kemudian dilengkapi dengan kain untuk atasannya.


34. Papua

Pakaian adat Papua disebut dengan Koteka & Rok Rumbai.Kata Koteka berasal dari salah satu suku di Paniai yang artinya pakaian. Koteka dipakai untuk menutupi tubuh bagian bawah pria sedangkan rok rumbai dibuat dari daun sagu kering yang dikenakan oleh kaum wanita.


Nah, Sobat Cultour gimana nih? Menarik kan mengenali indahnya berbagai macam pakaian Adat Tradisional Indonesia, kalian juga harus banget nih mengetahui gaya busana miss grand international gak kalah menarik loh Sobat Cultour!


Sumber :


Penulis : Sekar Ayu Aulia Nabila

NPM : 210104180151


74 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


adeliavanessa5
Apr 06, 2021


Like
bottom of page