top of page
  • Writer's pictureCultourian ID

Budaya Merawat Kecantikan ala Zaman Dulu


Merawat kecantikan merupakan hal yang sudah ada sejak zaman dulu. Sebelum ada bahan-bahan kimia yang diproduksi di pabrik hingga menghasilkan berbagai hal yang dipakai sekarang, orang-orang memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitarnya.

Budaya itu terus berkembang seiring kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Tidak sedikit pula bermunculan mitos seputar perawatan kecantikan ini.

Nah, kira-kira bagaimana cara merawat kecantikan pada zaman dulu? Berikut ini cara merawat kecantikan secara tradisional ala wanita zaman dulu.


Minum Teh, Ketimbang Kopi
Sumber: http://minum-sehat.blogspot.com/2016/12/minuman-teh-tradisional-dengan-rempah.html
Minuman Teh Tradisional

Rahasia kecantikan zaman dulu terletak pada apa yang mereka konsumsi karena hal ini juga dapat mempengaruhi kulit wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat konsumsilah teh ketimbang kopi karena kandungan alami yang terdapat pada teh dapat membuat tubuh dan kulit menjadi lebih muda dibandingkan dengan kopi. Ada baiknya mengkonsumsi teh herbal untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan segar.


Minum Jamu

Sumber: https://seruni.id/mengenal-10-jenis-jamu-tradisional-beserta-manfaatnya/
Jamu Tradisional

Wanita zaman dulu tentunya tidak lepas dari minuman tradisional satu ini yaitu jamu, jamu juga menjadi salah satu rahasia kecantikan wanita pada zaman dulu. Pada zaman dulu wanita sangat menggemari minuman ini, selain karena rasanya yang menyegarkan jamu juga dapat menjaga bentuk tubuh tetap langsing. Jika zaman dulu banyak yang menjajakannya dengan cara di gendong, namun saat ini banyak jamu-jamu yang dipasarkan dalam bentuk kemasan siap minum yang dapat ditemukan di toko-toko. Jamu yang biasanya dikonsumsi wanita zaman dulu yaitu ramuan kunyit dan jeruk nipis.


Minum Bunga Rosella

Sumber: https://www.bola.net/lain_lain/ragam-manfaat-teh-bunga-rosella-untuk-kesehatan-tubuh-627945.html
Minuman Rosella

Selain jamu, para wanita zaman dulu juga gemar meminum ramuan yang terbuat dari bunga rosella. Mungkin kedengaran cukup asing buat kamu namun minuman ini menjadi salah satu resep kecantikan tradisional. Ramuan rosella ini dapat membuat wajahmu tampak cantik tanpa keriput dan untuk mencegah penuaan dini dan untuk mendapatkan bunga rosella ini kamu bisa menemukannya di supermarket. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan beberapa bunga rosella ke dalam cangkir lalu tuangkan air panas dan tambahkan sedikit gula. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, rajinlah mengkonsumsi ramuan ini.

Minyak Kelapa

Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-manfaat-minyak-kelapa-bagi-kesehatan-serta-kecantikan
Minyak Kelapa

Pada zaman modern ini, para wanita pastinya mengenal facial wash, facial foam, micellar water dan pembersih wajah lainnya yang rata-rata mengandung bahan kimia. Namun pada zaman dulu, untuk membersihkan wajah para wanita menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini ampuh membersihkan kotoran di wajah dan juga dapat melembabkan kulit yang kering, selain itu minyak kelapa ini juga tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit.


Penguapan Alami

Sumber: https://blogunik.com/cara-merawat-kecantikan-secara-tradisional-ala-wanita-zaman-dulu/
Ilustrasi Penguapan Alami

Untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkan wajah dari berbagai kotoran tentunya kita akan melakukan penguapan yang bisa dilakukan di salon atau salon khusus perawatan wajah. Namun pada zaman dulu penguapan wajah dilakukan sangat sederhana tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Pada zaman dulu penguapan dilakukan dengan cara merebus air yang didalamnya terdapat irisan timun ataupun lemon, setelah itu dekatkan wajah ke dalam uap lakukan hal ini kira-kira selama 10-20 menit setiap minggunya. Namun perlu diperhatikan tingkat panas airnya agar nantinya tidak membuat wajah terasa kebakar.


Masker Kunyit

Sumber: https://www.grid.id/read/041774756/wajah-glowing-dan-terhindar-dari-penuaan-dini-dengan-masker-kunyit-bisa-diy-sendiri-di-rumah?page=all
Masker Kunyit

Pada zaman dulu rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja namun juga dapat digunakan untuk merawat kencantikan wajah. Salah satu rempah yang sering digunakan adalah kunyit. Kunyit memiliki banyak manfaat untuk wajah karena kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, anti-pigmentasi dan lainnya yang bagus untuk wajah. Selain itu, kunyit juga dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan membantu terhindar dari penuaan dini. Untuk membuat masker kunyit pun cukup mudah, haluskan kunyit dan oleskan ke wajah dan tunggu sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat.


Penulis : Ahmad Aditya Fadlan

210104180133

7 views0 comments

Comments


bottom of page